Jelang MotoGP, 22.223 Kamar Resort Bintang Hingga Homestay Sudah Dipesan

Resort GILI : Suasana hotel dan villa di Gili Trawangan, yang hingga saat ini masih sepi pesanan kamar hotel/villa jelang pelaksanaan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang.(
DOK / RADAR LOMBOK)


MATARAM – Jelang perhelatan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang, kamar lodge bintang di Lombok sudah fullboking. Buktinya masih ada sejumlah  penginapan dan lodge yang ada di Pulau Lombok masih belum mendapat pesanan kamar pada ajang MotoGP Maret mendatang.

“Untuk lodge dari Mandalika sampai Senggigi sudah total, kecuali hotel – lodge kecil di Mataram dan Gili Tramena, Lombok Utara juga ada beberapa di area Lombok Timur “ kata Intercontinental Hotel Common Manager Association (IHGMA) NTB Ernanda Agung, Kamis (3/2).

Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu Hasbulwadi mengatakan saat ini facts sementara rekapitulasi akomodasi pariwisata untuk Pulau Lombok jumlah kamar yang sudah fullboking baru mencapai 22.223 kamar, termasuk diantaranya kamar resort berbintang, hotel melati, vila, bungallow, homestay, camping floor, rusunawa, dan sarhunta.

Lebih detail Hasbulwadi menyebut, full kamar yang telah terisi di Kota Mataram sebanyak 4.914 kamar dengan 2.315 kamar hotel berbintang, 2.339 kamar lodge melati, 180 kamar homestay dan 80 kamar di rusunawa. Sedangkan villa, bungalow dan rumah penduduk masih dalam tahap pendataan. Di Lombok Barat sendiri whole ada 3.132 kamar yang telah terisi,  1.644 kamar di lodge berbintang, 1.138 kamar di lodge melati dan 350 tenting ground.

Sementara, di Lombok Tengah ada sekitar 4.286 kamar telah terisi, 1.754 kamar untuk resort melati, 1.992 kamar homestay, 240 tenting floor dan 300 kamar sarhunta. Di Lombok Timur, ada 1172 kamar telah dipesan, 221 kamar diantaranya untuk lodge berbintang, 174 kamar hotel melati, 96 kamar vila, 151 kamar bungalow, 180 homestay dan 350 camping floor. Lalu menyusul yang terbanyak adalah di Kabupaten Lombok Utara sebanyak 6719 termasuk 6013 kamar resort berbintang, 608 kamar hotel melati dan 98 kamar sarhunta.

“Ini masih angka sementara, karena belum semua penginapan terserap jadi sedang di data dari Dispar NTB,” jelasnya

Untuk lodge bintang, baik di Mataram maupun kawasan Mandalika, sudah fulboking sejak 18 Januari 2022 lalu. Hanya saja ada bebrapa hotel kecil dan penginapan yang belum terisi dan sedang didata. Diharapkan nantinya, lodge-lodge kecil dan penginapan yang belum terisi ini dicarikan solusi agar menjelang MotoGP bisa membantu memenuhi kekurangan kamar inap bagi pengunjung atau wisatawan.

“Semua resort-resort berbintang kita sudah terboking. Tinggal ini yang mau kita siasati supaya homestay, lodge non bintang, lodge melati, dan perumahan penduduk  didata termasuk kos-kosan ini masih proses juga huntara, rusunawa, gedung gedung pemerintah, kos kosan yang dimataram kita manfaatkan agar menutup kekurangan kamar jelang MotoGP” terangnya.

Untuk diketahui estimasi jumlah pengunjung yang akan hadir pada perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok pada Maret mendatang mencapai 100 ribu orang. Untuk itu pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata sedang gencar-gencarnya upgrade semua akomodasi yang ada di wilayah Lombok maupun luar Lombok agar bisa kecipratan manfaat MotoGP Sirkuit Mandaliak. (cr – rat)